5.04.2009

Siklus nitrogen dan sindrom aquarium baru

Seperti mahkluk hidup lainnya, ikan mengeluarkan produk kotoran (kencing dan kotoran). Produk kotoran bernitrogen ini terurai ke amonia (NH3) yang beracun bagi hampir semua ikan. Di alam, jumlah air per ikan sangat tinggi sehingga produk kotoran ini larut dalam konsentrasi yang rendah. Tetapi di dalam aquarium, hanya memakan waktu beberapa jam saja konsentrasi amonia ini akan mencapai kadar yang beracun.
Berapa banyak amonia kebanyakan? Jawaban singkatnya adalah jika alat pengukur/test dapat mengukurnya, berarti anda kebanyakan amonia. Dengan kata lain kadar amonianya cukup tinggi untuk membuat ikan menjadi stres. Pertimbangkan aksi darurat untuk mengurangi bahaya seperti pergantian air atau penambahn ziolit.
Dalam bahasa aquaria, siklus nitrogen atau lebih tepatnya siklus nitrifikasi adalah proses biologis yang merubah amonia ke bentuk nitrogen lainnya yang relatif tidak berbahaya. Untunglah ada beberapa jenis bakteri pengurai yang melakukan perubahan ini untuk kita. Beberapa jenis seperti Nitrosomonas sp. merubah amonia ke nitrit(N02-). Bakteri lainnya Nitrobacter sp. merubah nitrit menjadi nitrat(NO3-). Dengan demikian siklus aquarium adalah proses penumbuhan koloni bakteri dalam lapisan filter yang merubah amonia ke nitrit lalu ke nitrat.

Jenis bakteria pengurai(nitrifying) yang diinginkan berada dimana-mana seperti di udara. Maka dari itu, waktu ada sumber amonia di dalam aquarium anda, hanya sebentar saja bakteri yang diinginkan ini telah membangun koloninya di lapisan filter anda. Cara yang paling umum adalah dengan menaruh satu atau dua ikan murah ke dalam aquarium anda. Seperti ikan jenis koki, ikan zebra danios dan ikan barb untuk aquarium hangat dan damselfish untuk laut.Kotoran ikan mengandung amonia dimana bakteria itu hidup. Jangan memberi makan berlebihan kepada ikan anda. Tambah makanan tambah amonia.
Jangan menggunakan ikan kecil sebagai makanan. Mereka murah, mereka sering tidak sehat dan dapat menyebarkan penyakit ke aquarium anda jika tidak dikarantinakan dulu.
Selama proses perputaran(siklus), kadar amonia akan naik dan kemudian tiba-tiba turun setelah bakter nitrit yang terbentuk ambil alih. Karena bakteria pembentuk nitrat tidak akan muncul sampai jumlah nitrit yang cukup, kadar nitrit akan naik dengan cepat, dan terus naik selama amonia terus dirubah menjadi nitrit. Waktu bakteri pembentuk nitrat ambil alih, kadar nitritpun turun, kadar nitrat naik dan aquarium telah menjalani satu putaran/siklus nitrogen penuh.
Aquarium anda bersiklus penuh waktu nitrat mulai terbentuk dan kadar amonia dan kadr nitrit turun ke nol. Untuk menentukan perputaran siklus telah selesai, belilah pengukur/test kit dan ukur kadarnya. Umumnya siklus memakan waktu antara 2 sampai 6 minggu. Pada suhu dibawa 70 F, memakan waktu lebih lama. Dibandingkan dengak bakteri lainnya, bakteri nitrifying tumbuh sangat lambat. Dalam kondisi yang optimal, diperlukan 15 jam penuh untuk satu koloni menjadi dua kali lebih banyak.
Peringatan: Hindari godaan untuk mencoba menambah ikan sampai setelah aquarium telah menyelesaikan siklusnya. Tambah ikan berarti tambah produksi amonia, dan akan menambah stress pada ikan dan kemungkinan menyebabkan kematian ikan anda. Waktu kadar amonia mencapai stres yang tinggi atau kadar yang beracun, aquarium tidak dapat menahan Sindrom Aquarium Baru (New Tank Syndrome); karena aquarium belum mencapai siklus penuh dan penimbunan amonia memiliki konsentrasi yang berbahaya untuk ikan anda.
Berapa banyak kadar amonia?
Di aquarium yang telah terbentuk, amonia seharusnya tidak terdeteksi oleh pengukur/test kit standar yang dapat di toko-toko. Jika ada kadar amonia yang terdeteksi berarti filter biologis anda tidak bekerja dengan baik. Bisa karena aquarium anda belum mencapai perputaran siklus nitrogen yang penuh atau filter tidak berfungsi dengan baik, karena kapasitas filter terlalu kecil untuk jumlah ikan yang terlalu banyak atau filter mampet dan lain sebagainya. Sangat penting memecahkan masalah filter yang menyebabkan gejala kadar amonia yang tinggi.

Kadar konsentrasi amonia yang tepat untuk menjadikan amonia beracun bervariasi untuk setiap jenis ikan. Beberapa jenis ikan lebih kuat daripada jenis lainnya. Faktor lainnya seperti suhu air dan kimia juga memegang peranan penting. Contohnya amonia(NH3) terus menerus berubah ke amonium (NH4+) atau sebaliknya, setiap konsentrasinya tergantung dari suhu air dan pH. Amonia sangat beracun, amonium relatif tidak berbahaya. Lebih banyak nitrogen dalam bentuk amonia di suhu dan pH yang tinggi daripada di pH rendah

Test kit standar mengukur total amonia (amonia ditambah amonium) tanpa membedakan dua bentuknya. Tabel dibawah ini memberikan kadar maksimum jangka panjang amonia-N dalam mg/liter (ppm) yang dapat dianggap aman pada suhu dan pH yang disebutkan Perlu diingatkan bahwa untuk aquarium dengan filter biologisnya telah berjalan baik, amonia tidak akan terdeteksi. Tabel ini diberikan hanya untuk keperluan darurat saja. Jika kadarnya mencapai atau melewati kadar yang tertera maka tindakan darurat harus dilakukan segera seperti menguras airnya.

Suhu air
pH 20C (68F) 25C (77F)
_________________________________
6.5 15.4 11.1
7.0 5.0 3.6
7.5 1.6 1.2
8.0 0.5 0.4
8.5 0.2 0.1
Mengurangi stres ikan selama perputaran siklus pertama
Jika kadar amonia menjadi tinggi selama proses perputaran, tindakan perbaikan akan perlu dilakukan untuk mencegah kematian ikan. Kebanyakan anda hanya mengganti air sebagian saja, dengan begitu melarutkan amonia ke kadar yang lebih aman.

Siklus perputaran juga dapat dilakukan tanpa penambahan ikan ke dalam aquarium. Peranan ikan dalam perputaran ini adalah hanya menghasilkan amonia yang tetap, efek yang sama dapat dicapai dengan menambahkan bentuk kimia amonia (amonium chloride) secara manual. Tetapi ini lebih kompleks daripada menggunakan ikan karena kimia perlu dipantau lebih dekat untuk menambahkan jumlah amonia yang cocok setiap harinya.
Mempercepat waktu perputaran (bagi yang tidak sabar)
Siklus nitrogen dapat dipercepat dalam berbagai macam cara. Sayangnya, mereka harus membutuhkan aquarium yang telah terbentuk siklusnya, yang mana untuk pemula belum tentu memilikinya. Maksud mencari aquarium yang telah terbentuk siklusnya adalah untuk mengambil beberapa bakterinya yang sudah ada dan menaruh mereka ke dalam aquarium baru.

Umumnya filter-filter mempunyai busa spong atau serat dimana bakteri nitrifying hidup.
Meminjam keseluruhan atau sebagiannya dan menaruhnya di filter aquarium baru akan mempercepat semuanya.

Jika ada aquarium telah terbentuk yang menggunakan filter undergravel (filter dibawah pasir), bakteri nitrifying akan hidup di pasir. Ambil sebagian pasirnya (satu cangkir atau lebih) dan gantukan dengan kantong mesh(berpori) ke filter anda jika memungkinkan, atau taruh diatas pasir aquarium baru jika juga menggunakan filter undergravel.

Jika anda menggunakan kotak, spong atau corner filter, taruh filternya di aquarium yang telah tebentuk siklusnya dan jalankan selama satu minggu atau lebih. Bakteri di dalam air akan membangun koloninya di lapisan di dalam filter baru. Setelah satu minggu pindahkan filter yang telah berisi itu ke aquarium yang baru.

Baru-baru ini, produk-produk berisi koloni bakteri pengurai telah tersedia di toko-toko seperti Bio-zyme, Cycle. Secara teori, cara kerjanya sama seperti penambahan bakteri seperti yang telah dijelaskan diatas. Pengalaman dengan produk-produk tersebut bervariasi; beberapa orang melaporkan berhasil, yang lain melaporkan tidak bekerja sama sekali. Prinsipnya produk ini seharusnya bekerja dengan baik. Tetapi bakteri pengurai ini tidak bisa hidup terus menerus tanpa oksigen dan makanan. Maka dari itu keampuhan produk ini tergantung oleh barunya dan dapat dipengaruhi oleh penaruhan yang kurang baik seperti kepanasan. Sayangnya, beberapa produk ini tidak mencantumkan tanggal produksi, maka kita tahu berapa lama produk itu.

Tentu saja, banyak variasi diatas yang bekerja. Tetapi agak susah untuk memberi resep yang tepat yang pasti bekerja. Dianjurkan untuk mengambil langkah konservatif dan tidak menambah ikan terlalu cepat. Cek airnya untuk memastikan nitrat yang dihasilkan untuk menentukan apakah aquarium telah ada perputaran siklus.
Sumber : Thomas Narten http://HewanPeliharaan.Com

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com