5.05.2009

Nah ini lanjutan dari artikel PENGARUH PERBEDAAN JENIS PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN JUVENIL KERAPU PASIR (Epinephelus corallicolai)

Respon Pertumbuhan Juvenil Ikan Kerapu Pasir

Parameter yang digunakan dalam mengevaluasi perbedaan pakan antara ikan rucah, pelet dan campuran (pelet+rucah) terhadap respon pertumbuhan juvenil kerapu pasir adalah mengamati bobot akhir (Wt), pertumbuhan atau Growth Rate (GR), rata-rata pertumbuhan spesifik atau Specific Growth Rate (SGR), dan sintasan atau Survival Rate (SR). Adapun rata-rata bobot akhir, rata-rata pertumbuhan, rata-rata pertumbuhan spesifik dan sintasan juvenil kerapu pasir dapat dilihat pada tabel 4.15 (48).

1. Pertumbuhan Harian ( Growth Rate )
Berdasarkan tabel 1 hasil uji One Way Annova pada taraf 0,05 dan 0,01 ternyata pemanfaatan pakan campuran berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan juvenil kerapu pasir yaitu pertumbuhan pada perlakuan C mengalami peningkatan pertumbuhan lebih cepat dibandingkan dengan perlakuan A dan B ). Adapun rata-rata pertumbuhan juvenil kerapu pasir dari berbagai tingkat penggunaan pakan pelet, rucah dan campuran pada setiap pengamatan dapat disajikan pada tabel 3.


Tabel 3. Rata-rata Pertumbuhan (GR) Kerapu Pasir







Gambar 1. Grafik Rata-Rata Pertumbuhan Juvenil Kerapu Pasir Antar Perlakuan

Berdasarkan grafik menunjukkan bahwa pertumbuhan terbaik adalah perlakuan C dengan penggunaan pakan campuran dibanding dengan perlakuan yang menggunakan pelet dan rucah.

2. Laju Pertumbuhan Spesifik (Spesific Growth Rate)

Nilai laju pertumbuhan spesifik menunjukan besarnya peningkatan berat rata-rata individu menurut waktu. Pertumbuhan erat hubungannya dengan pakan terutama kualitas dan jumlah pakan karena pakan memberikan nutrisi dan energi bagi ikan kerapu. Adapun rata-rat SGR disajikan dalam grafik di bawah ini.

Tabel 4. Rata-rata Laju Pertumbuhan Spesifik (Spesific Growth Rate)





0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com