4.03.2009

Clownfish dan Anemon sebuah simbiosis

Artikel ini saya ambil dari sebuah situs yang saya pribadi lupa namanya. Semoga bermanfaat. Posting ini bukan untuk mengklaim isi artikel ini sebagai hak cipta penulis, tapi hanya berusaha menyebarkan informasi tentang anemon dan clownfish.

Dalam film kartun Finding Nemo, seekor ikan badut atau clownfish bernama Marlin dilukiskan sangat melindungi anaknya, Nemo, yang tersapu gelombang di Great Barrier Reefdan nyasar ke aquarium di sebuah rumah dokter gigi di Sydney, Australia. Ada yang aneh? Ya. Dalam kehidupan sebenarnya, pelindung clownfish kecil di samudra luas bukanlah induk mereka melainkan anemon-anemon laut yang hidup di karang-karang.

"Tidak ada ikatan antara ikan itu dengan induknya," ujar Daphne Fautin, zoologis invertebrata di University of Kansas, sekaligus peneliti hubungan antara clownfish dengan anemon laut.
Clownfish, atau disebut juga anemonefish (Amphiprion sp.), adalah ikan cantik yang berukuran kecil, dan paling besar di antara mereka tumbuh hanya sampai 13 sentimeter. Karena ukurannya yang kecil, ikan ini dengan segera mudah menjadi mangsa ikan-ikan lain yang lebih besar.


Untuk melindungi diri, clownfish akan bersembunyi di antara sulur-sulur atau tentakel anemon laut. Anemon laut sendiri adalah hewan serupa tumbuhan dengan tentakel yang memiliki alat serupa tombak --disebut nematocysts. Nematocysts digunakan anemon untuk menangkap mangsa dan mengusir pemangsa (predator).

Saling Menguntungkan
Lalu bagaimana clownfish bisa berlindung di sela-sela anemon tanpa tersengat tombak? Alam memang punya jawaban atas semua misteri itu dengan memberikan semacam lendir pada kulit clownfish. Dengan lendir tersebut clownfish akan bisa berdekat-dekatan dengan anemon, sekaligus terhindar dari pemangsa lain yang pada umumnya menghindari anemon.
Sebagai timbal balik, clownfish akan melindungi anemon dari ikan kupu-kupu, yang merupakan pemangsa anemon. Di beberapa perairan tropis yang dipenuhi clownfish, anemon laut, dan ikan kupu-kupu, maka clownfish akan mengusir ikan kupu-kupu yang mendekati anemon.


Penelitian menemukan bahwa bila clownfish disingkirkan dari anemon, makaikan kupu-kupu akan memakan anemon.Dalam hal ini anemon jelas tidak sia-sia memberikan perlindungan pada clownfish karena mereka sendiri menjadi terlindung.
"Clownfish mendapat perlindungan dengan cara bersembunyi di antara anemon-anemon beracun. Bila clownfish dipindahkan dari anemon, maka ikan-kupu-kupu akan memakan anemon," ujar John Randall, ahli perikanan di University of Hawaii, Manoa. "Oleh sebab itu hubungan keduanya adalah simbiosis mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan.
Selain menakuti ikan kupu-kupu, beberapa ilmuwan menduga ada hubungan yang lebih erat lagi dimana anemon akan memanfaatkan sisa pencernaan clownfish sebagai sumber nutrisi mereka.

Hirarki Clownfish
Sebenarnya ada lebih dari 1.000 spesies anemon laut yang ditemukan di perairan seluruh dunia. Namun hanya ada 10 spesies yang mampu bekerja sama dengan clownfish, yaitu anemon yang hidup di laut tropis di samudra Pasifik dan Hindia.
Biasanya satu individu anemon menjadi rumah dari sekelompok clownfish, yang terdiri dari sepasang ikan dominan dan hingga empat clownfish kecil lain. Saat ini terdapat 28 jenis clownfish, sehingga bisa dipastikan ada lebih dari satu jenis clownfish dalam suatu "ladang" anemon.
Saat clownfish menetas dari telur, mereka semuanya akan memulai kehidupan sebagai ikan jantan dan mencari makan plankton di permukaan air selama beberapa minggu tanpa dilindungi induknya. Setelah agak besar, masing-masing ikan akan mencari rumah anemon-nya di tempat yang lebih dalam. Dalam perjalanan dari permukaan ke bagian lebih dalam itu, banyak ikan akan menjadi santapan ikan lain yang lebih besar.
Mereka yang selamat sampai ke anemon, akan bergabung sebagai anggota yunior. Ikan yunior akan menjadi clownfish dewasa hanya bila clownfish dominan di anemon itu mati. Karena ikan terbesar dalam komunitas selalu ikan betina, maka penggantinya akan segera berubah kelamin dari jantan menjadi betina.
"Ikan-ikan di anemon itu seolah-olah memiliki jenjang jabatan yang hanya bisa diganti bila jenjang di atasnya kosong," ujar Fautin. "Saat ikan dominan menghilang, maka ikan-ikan kecil akan tumbuh cepat untuk mengisi posisinya. Selanjutnya posisi yunior akan diisi ikan-ikan yang baru tiba dari permukaan."
Setiap kali terbentuk ’keluarga’ baru. clownfish sendiri akan menjaga komunitas itu. Mereka akan mengusir ikan lain yang tidak berasal dari komunitasnya.

Misteri Lapisan Lendir
Hal yang sampai saat ini masih menjadi pertanyaan adalah bagaimana clownfish menghindari sengatan anemon. Seperti telah disebut di atas, banyak teori meyakini bahwa lapisan lendir clownfish telah menjadi baju anti peluru untuk menangkal serangan anemon laut. "Ikannya sendiri tidak kebal, namun lendir itulah yang melindungi mereka," jelas Fautin. "Yang dipertanyakan selanjutnya adalah dari manakah asal lendir itu?"
Satu teori menyebutkan bahwa clownfish menghasilkan lendir itu sendiri dan bahwa lendir tersebut mengandung senyawa kimia yang mencegah racun nematocysts melukai clownfish. Teori lain menyebutkan bahwa clownfish menggosokkan badannya sendiri pada tentakel anemon sembari menari mengikuti lambaiannya, sehingga badan ikan terselimuti lendir anemon. Taktik itu membuat anemon bingung membedakan antara ikan atau bagian tubuhnya sendiri.
"Ada bukti-bukti bagi kedua teori di atas," tandas Fautin. "Namun karena banyak sekali jenis anemon dan ada 28 spesies clownfish, kemungkinan kedua teori di atas benar untuk beberapa jenis anemon pada jenis clownfish tertentu, atau gabungan keduanya barangkali benar."
Dan karena hidup anemon dan clownfish saling tergantung, maka gangguan terhadap salah satunya, akan dirasakan oleh yang lain. Pada gilirannya, semua ekosistem laut akan terganggu bila gangguan itu sudah sedemikian besar. "Maka sekali lagi upaya konservasi harus dilakukan untuk melindungi mereka," tegas Fautin.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com